Tips Tetap Segar Saat Puasa

Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba…..!!! Manfaatkan bulan istimewa ini sebaik-baiknya. Bulan yang disebut-sebut bulan seribu bulan, bulan penuh rahmat dan berkat, bulan keampunan yang ditunggu oleh umat Islam yang hanya kita temui dalam satu tahun sekali.

Puasa menurut bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Menurut terminologi puasa adalah menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari / fajar / subuh hingga matahari terbenam / maghrib disertai dengan niat terlebih dahulu sebelumnya. Agar kita kuat menjalani puasa dari fajar sampai matahari terbenam kita harus menjaga kebugaran fisik terutama bagi kaum wanita. Maka dari itu saya bertujuan untuk memberitahu anda bagaimana cara agar tetap segar-bugar saat berpuasa, berikut adalah tips-tipsnya :

  1. Atur aktifitas : Usahakan sewaktu anda berpuasa tenaga yang anda keluarkan diatur agar tenaga yang kita keluarkan tidak sampai menimbulkan kelelahan dan kekeringan tenggorokan.
  2. Sahur memenuhi syarat gizi : Setiap anda sahur, anda harus mencukupi 4 sehat 5 sempurna. Sewaktu selesai sahur usahakan jangan meminum minuman yang mengandung gula seperti teh, karena dapat menimbulkan tenggorokan cepat kering. Jadi sebaiknya diakhiri dengan meminum air putih.
  3. Kendalikan Emosi : Jangan pernah marah dalam berbuat sesuatu, dengan kata lain anda harus bersabar dalam melakukan kegiatan apa saja. Dengan mengendalian emosi membuat jiwa anda tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.
  4. Menyegerakan Berbuka : Berbuka didahului dengan berdoa dahulu. Kemudian makanlah makanan yang manis misalnya korma, dan usahakan anda meminum air yang mengandung banyak cairan.

Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s