Hubungan Antara reativitas Guru Dalam Pelaksanaan Tugas Pembelajaran Dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Palu Tahun Pelajaran 2009/2010

Tugas dan peranan guru adalah menguasai dan mengembangkan materi pelajaran, merencanakan dan mempersiapkan pelajaran, mengontrol dan mengevaluasi kegiatan siswa. Penyelenggaraan pembelajaran, yang menempati posisi terbesar dari profesi keguruan. Tugas ini menuntut guru untuk menguasai isi atau materi bidang studi yang diajarkan serta wawasan yang berhubungan dengan materi itu dengan menggunakan kreativitasnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Hubungan Antara reativitas Guru Dalam Pelaksanaan Tugas Pembelajaran Dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Palu Tahun Pelajaran  2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Hubungan Antara Kreativitas Guru Dalam Pelaksanaan Tugas Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 1 Palu Tahun Pelajaran  2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan subjek penelitian siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Palu Tahun Pelajaran  2009/2010. Tehnik pokok dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan tehnik penunjang dalam menggunakan tehnik dokumentasi dan tehnik studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dalam pelaksanaan tugas pembelajaran dengan hasil belajar PKn. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan yang menggunakan rumus Chi Kuadrat dimana diperoleh X2 hit=78,11 dengan menggunakan taraf signifikan 5% derajat kebebasan 4, maka didapat X2 tabel =9,49.

Dengan demikian X2
hit≥X2
tab, yaitu 78,11 ≥9,49..

Untuk mengetahui derajat asosiasi antara variabel digunakan koefisien kontigensi (Chit) yang dilanjutkan dengan perhitungan
koefisien kontigensi maksimum (Cmaks) dimana diperoleh Chit
=78,11 dan Cmaks=0,812
terletak pada keeratan 0,56-0,83

(kategori tinggi).

Sehingga hasil pengujian tersebut diketahui bahwa terdapat Hubungan Antara Kreativitas Guru Dalam Pelaksanaan Tugas Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Palu Tahun Pelajaran  2009/2010, berada pada tingkat tinggi.
Artinya, bahwa Hubungan Antara Kreativitas Guru Dalam Pelaksanaan Tugas
Pembelajaran memberikan pengaruh yang positif bagi hasil belajar PKn siswa di SMP Negeri 1 Palu.

Saya secara Pribadi meminta bantuan anda untuk menyelesaikan PTK saya ini (fiannurdin@yahoo.co.id / fb alfian nurdin).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s